Indonesia berobsesi dapat meningkatkan mutu pendidikan yang setara dengan mutu pendidikan bangsa lain melalui peningkatan mutu sekolah rintisan SMA bertaraf internasional. Bertaraf internasional berimplikasi pada proses peningkatan mutu sekolah harus sebanding bahkan dapat lebih baik daripada yang bangsa lain wujudkan.Mutu pendidikan dipetakan dalam mutu komparatif dan mutu kompetitif. Konsekuensi pendidik dan tenaga kependidikan membangkitkan semangat juangnya untuk membangun sekolah agar menghasilkan mutu lulusan yang setara dengan lulusan sekolah lain.
Melalui pendekatan pedagogis maka kesetaraan itu meliputi indikator penguasaan ilmu pengetahuan, penguasaan keterampilan menerapkan ilmu pengetahuan, dan sikap.
Penguasaan informasi tentang profil mutu lulusan dari berbagai negara perlu untuk memetakan perbedaan mutu lulusan sekolahnya dengan mutu lulusan sekolah lain pada level internasional. Berdasarkan data itu, sekolah merumuskan peta komparatif mutu lulusan dengan indikator mutu yang terukur. Berdasarkan data komparatif itu sekolah dapat memprediksi waktu yang diperlukan untuk mensejajarkan mutu lulusannya dengan sekolah rujukan, merancang strategi yang akan sekolah laksanakan, dan memperhitungkan kebutuhan sumber daya yang dibutuhkannya.
Sekolah juga perlu menentukan indikator kesejajaran mutu dengan sekolah rujukan. Konsekuensi logis dari itu maka informasi yang memadai tentang kompetensi lulusan sekolahnya maupun sekolah rujukan. Konsekuensi lebih lanjut sekolah memerlukan data perbandingan materi pelajaran, peta perbandingan proses pembelajaran, dan peta perbandingan evaluasi pembelajaran.
Pengembangan sekolah bertaraf internasional memerlukan sistem data untuk menentukan peta perbandingan mutu untuk menentukan komparatif advantage sekolah terhadap sekolah rujukan. Ada pun data utama yang diperlukan adalah peta perbandingan (1) standar kompetensi lulusan (2) standar materi pelajaran (3) proses belajar, dan (4) standar penilaian serta (5) profil produk belajar siswa.
Target ideal sekolah bertaraf internasional adalah kesetaraan pada mutu lulusan. Namun padar taraf rintisan, target ditetapkan tidak selalu pada rujukan tingkat internasinal. Standar komparatif pada tingakat nasional pun , sebagai target antara sudah cukup. Karena kita tahu bahwa dari nilai komparatif itu dapat dikembangkan kompetitif advantage.
Peta perbandingan mutu dapat digambarkan pada model perbandingan berikut.
Standar | Sekolah X di Indonesia | Sekolah Y Rujukan di USA | Catatan Perbaikan |
Indikator belajar | Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik | Membedakan persamaan dan perbedaan di antara sel prokariot dan sel eukariot Menunjukkan pemahaman mereka mengenai struktur dan fungsi dari organ sel Mempelajari keahlian diri (interpersonal) 1.mengungkapkan ide kepada siswa lain 2.membandingkan ide-ide di depan siswa lain 3.merumuskan ide bersama dengan siswa lainnya 4.menuliskan hasil pengamatan model 3 dimensi mengenai hewan dan tumbuhan | Model Amerika menunjukkan kebervariasian kompetensi yang lebih banyak. |
Materi Pelajaran | Struktur sel dan fungsi sel meliputi, Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan Sel prokariotik dan sel eukariotik 1. Membran sel 2. Sitoplasma 3. Inti sel | (Disajikan dalam bentuk topik bahasan)Uriaian materi implisit pada kegiatan belajar | Topik pembahasan Indonesia sudah lebih rinci, sangat kuat dalam meningkatkan pemahaman pengetahuan, lemah dalam penerapkan konsep motorik |
Proses pembelajaran | Kegiatan awal (10 menit) - Guru memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel. - Guru meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan menggunakan Kegiatan 1.3 dan 1.4. Kegiatan inti (70 menit) - Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel tumbuhan dan sel hewan. - Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan. - Siswa membuat preparat sel tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop - Siswa menggambar hasil pengamatan. 1. Siswa menggambar hasil pengamatan. 2. Siswa membuat laporan hasil pengamatan 3. Siswa membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di bawah mikroskop | - Bagi kelas menjadi beberapa kelompok, masing-masing 4 orang- Instruksikan siswa untuk melihat video, mencatat dan menggambar setidaknya lima organ - Berikan waktu selama 15 menit bagi setiap kelompok untuk mendiskusikan dan membandingkan catatan mereka - Berikan lembar kegiatan dan beritahukan pada kelompok bahwa setiap anggota kelompok harus berkontribusi dalam mengisi jawaban | Model Indonesia menujukkan tingginya aktivitas guru, model Amerika menunjukkan tingginya aktivitas siswa. |
Target Rintisan
Tidak pada seluruh sekolah rintisan secara kajian empirik mengenai target mutu pembelajaran telah dilakukan. Kesibukan untuk memenuhi target mutu setaraf SKL berstandar nasional masih menjadi tantangan berat. Namun demikian target komparatif pada taraf nasional pasti menjadi basis pengembangan mutu kompetitif tingkat internasional, yang pasti tidak bisa meloncat, melainkan merayap, ....semoga sampai karena bangsa lain juga berusaha berlari.
Pendidikan merupakan kunci untuk semua kemajuan dan perkembangan yang berkualitas, sebab dengan pendidikan manusia dapat mewujudkan semua potensi dirinya baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat. Dalam rangka mewujudkan potensi diri menjadi multiple kompetensi harus melewati proses pendidikan yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Berlangsungnya proses pembelajaran tidak terlepas dengan lingkungan sekitar. Sesungguhnya pembelajaran tidak terbatas pada empat dinding kelas. Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan menghapus kejenuhan dan menciptakan peserta didik yang cinta lingkungan.
Berdasarkan teori belajar, melalui pendekatan lingkungan pembelajaran menjadi bermakna. Sikap verbalisme siswa terhadap penguasaan konsep dapat diminimalkan dan pemahaman siswa akan membekas dalam ingatannya.
Buah dari proses pendidikan dan pembelajaran akhirnya akan bermuara pada lingkungan. Manfaat keberhasilan pembelajaran akan terasa manakala apa yang diperoleh dari pembelajaran dapat diaplikasikan dan diimplementasikan dalam realitas kehidupan. Inilah salah satu sisi positif yang melatarbelakangi pembelajaran dengan pendekatan lingkungan.
Model pembelajaran dengan pendekatan lingkungan, bukan merupakan pendekatan pembelajaran yang baru, melainkan sudah dikenal dan populer, hanya saja sering terlupakan. Adapun yang dimaksud dengan pendekatan lingkungan adalah suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sasaran belajar, sumber belajar, dan sarana belajar. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah lingkungan dan untuk menanamkan sikap cinta lingkungan (Karli dan Yuliaritiningsih, 2002).
Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan sangat efektif diterapkan di sekolah dasar. Hal ini relevan dengan tingkat perkembangan intelektual usia sekolah dasar (7-11 tahun) berada pada tahap operasional konkret (Piaget, dalam Wilis:154). Hal senada dikatakan Margaretha S.Y., (2002) bahwa kecenderungan siswa sekolah dasar yang senang bermain dan bergerak menyebabkan anak-anak lebih menyukai belajar lewat eksplorasi dan penyelidikan di luar ruang kelas.
Konsep-konsep sains dan lingkungan sekitar siswa dapat dengan mudah dikuasai siswa melalui pengamatan pada situasi yang konkret. Dampak positif dari diterapkannya pendekatan lingkungan yaitu siswa dapat terpacu sikap rasa keingintahuannya tentang sesuatu yang ada di lingkungannya. Seandainya kita renungi empat pilar pendidikan yakni learning to know (belajar untuk mengetahui), learning to be (belajar untuk menjadi jati dirinya), learning to do (Belajar untuk mengerjakan sesuatu) dan learning to life together (belajar untuk bekerja sama) dapat dilaksanakan melalui pembelajaran dengan pendekatan lingkungan yang dikemas sedemikian rupa oleh guru.
Penulis terilhami menuangkan tulisan ini dengan maksud untuk dikembangkan menjadi visi misi sekolah sebagai prioritas untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mudah-mudahan tulisan singkat ini dapat menjadi bahan masukan bagi para guru untuk menengok lingkungan sekitar yang penuh arti sebagai sumber belajar dan informasi yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif. Model pendekatan ini pun relevan dengan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), sehingga pada gilirannya dapat mencetak siswa yang cerdas dan cinta lingkungan.
Siswa boleh saja berpikir secara global, tetapi mereka harus bertindak secara lokal. Artinya, setiap orang/siswa perlu belajar apa pun, bahkan mencari hikmah dari berbagai macam pengalaman bangsa-bangsa lain di seluruh dunia, namun pengetahuan tentang pengalaman bangsa-bangsa lain tersebut dijadikan sebagai pembelajaran dalam tindakan di lingkungan secara lokal. Dengan cara kerja seperti itu, kita tidak perlu melakukan trial and error yang berkepanjangan, melainkan kita belajar dari kesalahan-kesalahan orang lain, sementara kita sekadar meneruskan kerja dari paradigma yang benar.
Bekerja dan belajar yang berbasis lingkungan sekitar memberikan nilai lebih, baik bagi si pembelajar itu sendiri maupun bagi lingkungan sekitar. Katakanlah belajar ilmu sosial atau belajar ekonomi, maka lingkungan sosial dan ekonomi sekitar dapat menjadi laboratorium alam. Pembelajaran ini dapat dilakukan sembari melakukan pemberdayaan (empowering) terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, sementara si pembelajar dapat melakukan proses pembelajaran dengan lebih baik dan efisien. Mohamad Yunus, penerima Nobel asal Bangladesh adalah orang yang banyak belajar berbasis lingkungan untuk mengembangkan ekonomi. Dengan mendirikan Grameen Bank, dia belajar sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar.
Dasar Pemikiran
Pembelajaran dilandasi strategi yang berprinsip pada:
1. Berpusat pada peserta didik
2. Mengembangkan kreativitas peserta didik
3. Suasana yang menarik, menyenangkan, dan bermakna
4. Prinsip pembelajaran aktif, Inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM)
5. Mengembangkan beragam kemampuan yang bermuatan nilai dan makna
6. Belajar melalui berbuat, peserta didik aktif berbuat
7. Menekankan pada penggalian, penemuan, dan penciptaan
8. Pembelajaran dalam situasi nyata dan konteks sebenarnya
9. Menggunakan pembelajaran tuntas di sekolah
Pengertian PAIKEM
PAIKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan.
Pembelajaran inovatif bisa mengadaptasi dari model pembelajaran yang menyenangkan. Learning is fun merupakan kunci yang diterapkan dalam pembelajaran inovatif. Jika siswa sudah menanamkan hal ini di pikirannya tidak akan ada lagi siswa yang pasif di kelas, perasaan tertekan dengan tenggat waktu tugas, kemungkinan kegagalan, keterbatasan pilihan, dan tentu saja rasa bosan.
Membangun metode pembelajaran inovatif sendiri bisa dilakukan dengan cara diantaranya mengakomodir setiap karakteristik diri. Artinya mengukur daya kemampuan serap ilmu masing-masing orang. Contohnya saja sebagian orang ada yang berkemampuan dalam menyerap ilmu dengan menggunakan visual atau mengandalkan kemampuan penglihatan, auditory atau kemampuan mendengar, dan kinestetik. Dan hal tersebut harus disesuaikan pula dengan upaya penyeimbangan fungsi otak kiri dan otak kanan yang akan mengakibatkan proses renovasi mental, diantaranya membangun rasa percaya diri siswa.
Kreatif dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Menyenangkan adalah suasana belajar-mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya (“time on task”) tinggi.
Menurut hasil penelitian, tingginya waktu curah perhatian terbukti meningkatkan hasil belajar. Keadaan aktif dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses pembelajaran tidak efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, sebab pembelajaran memiliki sejumlah tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Jika pembelajaran hanya aktif dan menyenangkan tetapi tidak efektif, maka pembelajaran tersebut tak ubahnya seperti bermain biasa.
Penerapan PAIKEM dalam Proses Pembelajaran
Secara garis besar, PAIKEM dapat digambarkan sebagai berikut:
1. Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
2. Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa.
3. Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan ‘pojok baca’
4. Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
5. Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkam siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.
PAIKEM diperlihatkan dengan berbagai kegiatan yang terjadi selama KBM. Pada saat yang sama, gambaran tersebut menunjukkan kemampuan yang perlu dikuasai guru untuk menciptakan keadaan tersebut. Berikut adalah tabel beberapa contoh kegiatan KBM dan kemampuan guru yang besesuaian.
Kemampuan Guru | Kegiatan Belajar Mengajar |
Guru merancang dan mengelola KBM yang mendorong siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran | Guru melaksanakan KBM dalam kegiatan yang beragam, misalnya: · Percobaan · Diskusi kelompok · Memecahkan masalah · Mencari informasi · Menulis laporan/cerita/puisi · Berkunjung keluar kelas |
Guru menggunakan alat bantu dan sumber yang beragam. | Sesuai mata pelajaran, guru menggunakan, misalnya: · Alat yang tersedia atau yang dibuat sendiri · Gambar · Studi kasus · Nara sumber Lingkungan |
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan | Siswa: · Melakukan percobaan, pengamatan, atau wawancara · Mengumpulkan data/jawaban dan mengolahnya sendiri · Menarik kesimpulan · Memecahkan masalah, mencari rumus sendiri. · Menulis laporan hasil karya lain dengan kata-kata sendiri. |
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya sendiri secara lisan atau tulisan | Melalui: · Diskusi · Lebih banyak pertanyaan terbuka · Hasil karya yang merupakan anak sendiri |
Guru menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa | · Siswa dikelompokkan sesuai dengan kemampuan (untuk kegiatan tertentu) · Bahan pelajaran disesuaikan dengan kemampuan kelompok tersebut. · Siswa diberi tugas perbaikan atau pengayaan. |
Guru mengaitkan KBM dengan pengalaman siswa sehari-hari. | · Siswa menceritakan atau memanfaatkan pengalamannya sendiri. · Siswa menerapkan hal yang dipelajari dalam kegiatan sehari-hari |
Menilai KBM dan kemajuan belajar siswa secara terus-menerus | · Guru memantau kerja siswa. · Guru memberikan umpan balik. |
Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengembangan visi dan misi di atas maka dapat penulis simpulkan bahwa pembelajaran PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) salah satu metode pembelajaran berbasis lingkungan. Metode ini mampu melibatkan siswa secara langsung dengan berbagai pengenalan terhadap lingkungan. Dengan demikian selama dalam proses pembelajaran akan mengajak siswa lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
DAFTAR PUSTAKA
Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: dari Sentralisasi menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Umaedi (1999) Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Directorate Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah, Directorate Pendidikan Menengah Umum. Indonesia, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar